Sabtu, 10 Januari 2009

Dana Sosialisasi KPU Hampir Habis

(23 Dec 2008, 13 x , Komentar)
Berita Harian Fajar

BANTAENG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng mengeluhkan minimnya dana sosialisasi Pemilu 2009. Bahkan, saat ini dana yang diberikan KPU Pusat untuk melakukan sosialisasi, sudah hampir habis.Padahal, sejumlah tahapan penting sosialisasi seperti sistem pencoblosan, pemungutan suara dan lainnya, belum dilakukan.

"Saya cukup gerah dengan anggaran sosialisasi yang sangat minim. Dana dari di KPU saat ini nyaris habis," ujar anggota KPU Bantaeng, Harianto, pada acara diskusi penguatan kelembagaan di kafe Baling-baling, Senin, 22 Desember.

Terkait sosialisasi, KPU sudah menggelar berbagai kegiatan seperti workshop pendidikan pemilih, dan Forum Discusion Grup (FGD). Banyak agenda yang sudah dijadwalkan, hanya saja itu tadi, dana sosialisasi minim. Makanya, pada 28 Desember, ujar Harianto, pihaknya akan meminta anggaran pendamping ke pemkab.

"Dalam UU memang memungkinkan untuk itu," katanya. Harianto juga berharap seluruh caleg gencar melakukan sosialisasi diri. Sebab, itu akan membantu KPU agar tingkat partisipasi pemilih bisa melampaui target 80 persen. Kalau itu tercapai, ini adalah keberhasilan kita semua. Bukan hanya KPU," katanya.

Ketua Panwaslu Bantaeng, Kasiran Sidy, mengatakan, sosialisasi yang dilakukan KPU khususnya tata cara memilih sangat minim. Hasil pantauannya masih banyak masyarakat khususnya di pelosok belum mengetahui tata cara memilih dari mencoblos ke mencontreng.

"Jika sosialisasi minim, saya khawatir persentase kesalahan pemilih tinggi. Mesti diperbanyak sosialisasi," katanya. (adn)

Tidak ada komentar: